Tugas 1 TBO

Marselinus Kandidus Bria (12110162)

 Soal......
1. Contoh penggunaan mesin turing !
2. Contoh-contoh otomata !

Jawab...........
  1. Contoh Penggunaan Mesin Turing .
Sebelum kita menjelaskan contoh penggunaan mesin turing, sebelum itu kita definisikan Mesin Turing (MT) secara formal. 

Mesin Turing M atas alfabet T terdiri atas :
  • Tape atau pita yang terbentuk Tape atau pita yang berbentuk dari deretan sel. Tape mempunyai sel terkiri atau leftmost, tetapi mempunyai tak hingga sel ke kanan. Setiap sel hanya bisa berisi satu symbol pita.Simbol pita terdiri dari huruf dalam alphabet T, huruf pada alphabet hingga V(alphabet tambahan), serta symbol blank. 
  • Tape head atau Kepala pita. yang mengamati satu sel tape apda satu waktu. Head dapat bergerak. Pada setiap move atau gerak, head mencetak sebuah symbol pada sel yang diamati. mehghapus apa yang telah tertulis sebelumnya pada sel itu, lalu move ke kiri atau ke kanan.
  • Sebuah program,merupakan digraph hingga. Ia merupakan sebuah finite control. Simpul diagraph merupakan Stata.Selalu terdapat Stata Awal yang disebut START, dan sebuah himpunan Stata Akhir(boleh hampa) yang disebut HALT.

Bertolak dari alur definisi diataas contoh penggunaan mesin turing seperti ilustrasi berikut :   
Mula-mula untai w ditempatkan dibagian paling kiri dari tape, sisa dibagian program, kanan diisi symbol blank, Tape head menunjuk pada leftmost sel. Program bermula pada Stata START. Kalau tercapai stata HALT, komputasi dihentikan, untai diterima mesin turing. 

2.  Contoh  Otomata
Penerapan otomata sangat berorientasi pada venomena kesehariaanya misalnya
Mesin Jaja
Mesin jaja adalah alat yang dipakai untuk menjual barang-barang tanpa perlu ada orang yang menjaganya, karena mesin jaja dibuat dan diatur sedemikian rupa agar dapat menerima masukan uang dari pembelinya, dan memberikan barang jualan dari mesin jaja tersebut tergantung apa yang diinginkan pembelinya. Pada dasarnya, cara kerja mesin jaja tersebut adalah menerima masukan uang dan membaca nilai uang tersebut, lalu mengkalkulasi jumlah banyaknya uang yang telah dimasukkan oleh seorang pembeli tersebut, dan mengeluarkan barang yang diinginkan oleh pembeli tersebut setelah hasil kalkulasi uang yang dimasukan oleh pembeli tersebut berjumlah pas atau lebih.
Pada pembuatan logika mesin jaja ini, diperlukan teori otomata yang menjelaskan tentang mesin sekuensial, yaitu mesin yang melakukan kejadian atau peristiwa tergantung kejadian atau peristiwa sebelumnya. Selain itu, diperlukan juga graf berarah yang berguna untuk membantu mesin sekuensial untuk menunjuk kejadian atau peristiwa yang harus dilakukan selanjutnya setelah kejadian sekarang selesai.
 Mesin ATM
Mesin ATM juga merupakan salah satu contoh dari automata, dimana kita dapat berkomunikasi visual dengan mesin ini sebatas logika program yang sudah ditanamkan dalam mesin tersebut.

 

    

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS II - KONSEP SISTEM INFORMASI

CONTOH SK PELANTIKAN ORGANISASI